RSS

Bolu Pelangi & Bolu Meses


Tadi pagi aku iseng pengen coba praktek bolu kukus. Abisnya masih penasaran...gimana cara bikin bolu yang mengembang. Karena selama ini bolu yang aku buat kurang mengembang...

Aku dapet resep dari sini, karena resep asli butuh telur banyak, sementara persediaan telur di rumah menipis gara-gara praktek bikin bolu terus, akhirnya aku coba setengah resep aja. Hasilnya...bolu kukus yang mengembang...

Ini resep yang udah aku modif:

Bahan:
Tepung terigu protein sedang/cap segitiga biru 100 g
Telur ayam 4 butir
Gula pasir 100 g
Santan kental separo kemasan 65 ml
Ovalet ½ sdt
Minyak goreng 25 ml
Pewarna hijau setetes
Pewarna merah setetes
Meses secukupnya
Garam halus ¼ sdt

Cara Membuat:

  1. Campur telur, gula pasir dan garam. Kocok menggunakan mixer hingga mengembang kaku (sekitar 10 menit). Tambahkan ovalet, kocok kembali selama 2 menit.
  2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Tuang santan dan minyak, diaduk hingga tercampur rata.
  3. Bagi adonan menjadi tiga bagian. Tambahkan pewarna merah, kuning hijau pada masing2 bagian, aduk rata.
  4. Siapkan loyang yang telah dioles dengan sedikit margarin dan ditaburi tepung terigu, aku pake ukuran 15 cm. Tuang adonan merah, ratakan. Kukus selama 5 menit. Tambahkan adonan kuning, kukus kembali selama 5 menit. Terakhir, tuang adonan hijau. Untuk mematangkan semua lapisan, kukus selama 20 menit. angkat, dinginkan.
  5. Keluarkan bolu dari cetakan. Potong-potong. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.

Oya, di resep ini bisa buat 2 loyang bulat ukuran 15 cm, yang satu bolu pelangi, yang satu lagi aku bikin bolu meses, tapi heran, kenapa mesesnya tenggelam ya? Padahal aku kirain ntar bakalan bentuk motif dalmatian. Hehe...

Untuk ± 15 Potong (ehm...tergantung potongannya gede ato kecil )

Hasilnya seperti ini:
Bolu Kukus Pelangi


Bolu Kukus Meses


Tip: Jangan membuka kukusan sebelum 10 menit atau bolu mengembang sempurna karena permukaan bolu akan turun. Untuk variasi, bolu bisa di taburi mises cokelat atau kacang almon panggang sebagai campuran isi. Alas loyang dengan kertas minyak agar bolu mudah dikeluarkan, berhubung ga punya kertas minyak, jadi cuma olesan margarin dan terigu . Resep ini cocok buat yang ga begitu suka manis. Buat yang suka manis, gulanya bisa ditambah.

4 komentar:

linux FONT mengatakan...

tampak lezat ^^!

CumaPemula mengatakan...

iya...emang enak kok :) makasih ya..

novi mengatakan...

duo sexi bolu kukus ya, non jadi pingin nyubit

CumaPemula mengatakan...

haha...kalo dicubit jadi kue cubit dong ntar :D

Poskan Komentar

Copyright 2009 My Lovely Notes. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy | Distributed by Blogger Template Place